Blog ini berisi Pelajaran Mengenai Komputer dan Sedikit Hiburan

Breaking

Wednesday, May 9, 2018

Glosarium Jaringan Nirkabel


Assalamualaikum Wr.Wb
Pada kesempatan kali ini saya membahas tentang jaringan komputer yuk disimak penjelasan saya. yang sudah dirangkum seperti glosarium.

Jaringan Nirkabel Rancang Bangun Jaringanan

·        Global communities => Masyarakat global yang memungkinkan untuk interaksi sosial yang independen dari lokasi atau zona waktu melalui internet.
·        Human network => Sekumpulan individu yang saling terhubung dengan teknologi
·        Collaborative learnig spaces => Kelas dalam skala besar yang saling berhubung menggunakan jaringan
·        Network collaborating service => Sebuah layaan jaringan yang menyediakan layanan kolaborasi/bekerja sama
·        Network of network => Jaringan yang terdiri dari jaringan – jaringan yag berbeda
·        Client => Sesuatu yang meminta layanan yang disediakan server
·        Server => Sesuatu yang menyediakan layanan yang diminta client
·        Peer-to-peer network => jaringan komputer dimana setiap host dapat menjadi server dan juga menjadi client secara bersamaan
·        End device => perangkat jaringan yang menjadi titik awal informasi dibuat dan menjadi akhir dari perjalanan informasi(tujuan pengiriman data)
·        Intermediary device => Perangkat Perantara Jaringan merupakan perangkat yang berfungsi memberikan hubungan atau koneksi setiap computer pengguna.
·        Network media => Media komunikasi yang digunakan untuk menghubungkan perangkat (node) pada jaringan komputer
·        Hardware => salah satu komponen dari sebuah komputer berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi.
·        Software => sekumpulan data-data elektronik yang tersimpan dan diatur oleh komputer yang berupa program atau instruksi untuk menjalankan dan mengeksekusi suatu perintah.
·        VoIP Phones => suatu teknologi yang memungkinkan percakapan suara melalui media internet atau berbasis IP (Internet Protocol)
·        TelePresence endpoint => Alat yang digunakan saat TelePresence
·        Network access device => sebuah sirkuit elektronik yang secara otomatis menghubungkan pengguna ke jaringan
·        Security device => Device yang digunaka untuk pengamaan
·        Medium => Perantara yang berguna untuk mrngirimkan data
·        Topology diagram => skema penggambaran bagaimana satu perangkat dengan perangkat lain yang terhubung didalam suatu jaringan yang melakukan suatu service
·        Network interface card => sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer
·        Physical Port => socket atau slot yang terdapat dibagian belakang CPU yang digunakan sebagai penghubung perangkat komputer Mouse, keyboard, monitor , dsb.
·        Interface => salah satu layanan yang disediakan system operasi sebagai sarana interaksi antara pengguna dengan system operasi
·        Physical Topology Diagram => cara pola penataan letak yang mengacu pada fisik desain sebuah jaringan termasuk perangkat, lokasi dan instalasi kabel
·        Logical Topology Diagram => gambaran bagaimana aliran data dalam suatu jaringan.Topologi Logika mengacu pada metode protocol media akses yang digunakan. , sehingga kita lebih mudah memahami dan mempelajari LAN
·        LAN => singkatan dari Lokal Area Network. LAN terdiri dari beberapa komputer yang terhubung dalam suatu jaringan. Pada jaringan ini setiap komputer dapat mengakses data dari komputer lain. Selain itu komputer yang terhubung dalam LAN juga dapat menjalankan hardware seperti printer dari komputer lain, chating dengan pemilik komputer lain ataupun bermain game bareng.
·        WAN (Wide Area Network) => kumpulan dari LAN dan/atau Workgroup yang dihubungkan dengan menggunakan alat komunikasi modem dan jaringan Internet, dari/ke kantor pusat dan kantor cabang maupun antar kantor cabang. Dengan sistem jaringan ini, pertukaran data antar kantor dapat dilakukan dengan cepat serta dengan biaya yang relatif murah. Sistem jaringan ini dapat menggunakan jaringan Internet yang sudah ada, untuk menghubungkan antara kantor pusat dan kantor cabang atau dengan PC Stand Alone/Notebook yang berada di lain kota ataupun negara.
·        MAN atau Metropolitan area network => jaringan yang lebih luas daripada LAN. Beberapa LAN menjadi satu jaringan dapat juga disebut MAN. MAN terdapat di dalam satu kampus atau dalam satu wilayah yang agak luas (dapat juga satu kota). MAN biasanya tidak dimiliki oleh satu organisasi saja. Sama seperti LAN, MAN juga memiliki wireless MAN dengan kekurangan dan kelebihan yang relatif sama.
·        WLAN =>jaringan komputer yang menggunakan gelombang radio sebagai media transmisi data. Informasi (data) ditransfer dari satu komputer ke komputer lain tanpa menggunakan kabel sebagai media perantara. WLAN sering disebut sebagai jaringan nirkabel atau jaringan tanpa kabel
·        SAN => kependekan dari Storage Area Network. Sebuah jaringan berkecepatan sangat tinggi yang khusus, terdiri dari server dan penyimpan (storage). Terpisah & berbeda dengan LAN/WAN perusahaan, tujuan utama SAN  => untuk menangani trafik data dalam jumlah besar antara server dan peralatan penyimpan, tanpa mengurangi bandwidth yang ada di LAN/WAN
·        SP atau Service Provider => organisasi yag menyediakan pelayanan jaringan.
·        Internet Service Provider (ISP) atau Penyelenggara Jasa Internet (PJI) => sebuah perusahaan atau sebuah organisasi yang menyediakan jasa layanan koneksi akses internet untuk perseorangan, perkantoran, kampus, sekolah, dan lain - lain.
·        Intarnet => jaringan komputer-komputer yang saling tersambung digunakan suatu sistem organisasi
·        Extranet => jaringan pribadi yang menggunakan protokol internet dan sistem telekomunikasi publik untuk membagi sebagian informasi bisnis atau operasi secara aman kepada penyalur (supplier), penjual (vendor), mitra (partner), pelanggan dan lain-lain.
·        Teleworkers => model atau perjanjian kerja dimana karyawan memperoleh fleksibilitas bekerja dalam hal tempat dan waktu kerja dengan bantuan teknologi telekomunikasi
·        Broadband cable = > dimana internet dapat diakses melalui sambungan tv kabel. Kabel koneksi internet broadband menyediakan kecepatan mulai dari 2 Mbps sampai 8 Mbps.
·        Broadband DSL => penghantar data digital dengan media kabel yang digunakan dalam jarak dekat dari jaringan telepon yang berada dalam satu tempat atau satu wilayah
·        Business DSL =>  penghantar data digital dengan media kabel yang digunakan dalam jarak dekat dari jaringan telepon yang berada dalam satu tempat yang dikhususkan untuk bisnis
·        Leased line => saluran koneksi telepon permanen antara dua titik yang disediakan oleh perusahaan telekomunikasi publik
·        Metro ethernet => jaringan ethernet yang diimplementasikan disebuah metropolitan area
·        Cable => merupakan sebuah alat yang digunakan untuk mentransmisikan sinyal dari satu tempat ke tempat lain.
·        DSL ( Digital Subscriber Line) => teknologi transmisi kabel yang mentransmisikan data lebih cepat melalui kabel telepon.
·        Cellular dalam bahasa inggris untuk selular, selular artinya => sistem komunikasi jarak jauh tanpa kabel, selular => bentuk komunikasi modern yang ditunjukkan untuk menggantikan telepon rumah yang masih menggunakan kabel.
·        Satelit => benda yang mengorbit benda lain dengan periode revolusi dan rotasi tertentu
·        Dial-up => suatu jenis koneksi antara komputer dengan menggunakan saluran telepon tetap ataupun bergerak. Atau definisi dial-up yang lainnya yaitu merupakan sebuah istilah untuk menghubungkan komputer ke internet dengan menggunakan saluran telepon.
·        Dedicated leased line => saluran koneksi telepon permanen antara dua titik yang disediakan oleh perusahaan telekomunikasi publik. Umumnya, leased line digunakan ketika terdapat kebutuhan komunikasi data jarak jauh yang harus dilakukan secara terus-menerus.
·        Converged Network =>teknologi baru yang menciptakan jenis jaringan yang mampu menangani lebih dari satu jenis layanan.
·        Inteligent information network => sebuah konsep jaringan telekomunikasi yang memiliki kapabilitas servis intependen
·        Network architecture => dapat diartikan sebagai rancangan arus komunikasi media elektronik. Arsitektur jaringan merupakan sebuah himpunan layr dan protokol
·        Fault tolerance => feature yang memungkinkan suatu sistem tetap berjalan normal meskipun ada komponen yang rusak pada salah satu komponennya.
·        Redundancy => kemampuan suatu sistem untuk tetap berfungsi denga normal walaupun terdapat elemen yang tidak berfungsi.
·        Circuit switched networks => metodologi penerapan jaringan membentuk suatu saluran khusus (sirkuit) melalui jaringan sebelum node dapat berkomunikasi.
·        Packet switched networks => metode komunikasi jaringan digital yag ditransmisikan kelompok semua data-terlepas dari konten, tipe struktur atau menjadi blok-blok berukuran yang sesuai yang disebut paket.
·        Packet => kumpulan informasi yang kita kirimkan kepada perangkat yang terletak pada jaringan intranet maupun internet.
·        Routing function => proses dimana suatu item dapat sampai ke tujuan dari satu lokasi ke lokasi lain
·        Scalability => kemampuan untuk menangani pertumbuhan jumlah data da concurency tanpa memberikan dampak pada kinerja.
·        Hierarchical layered structure => desain jaringan yang pertama kali diusulkan oleh Cisco bermodel tiga lapisan
·        Quality of Service => didefinisikan sebagai suatu pengukuran  tentang seberapa baik jaringan dan merupakan suatu usaha untuk mendefinisikan karakteristik dan sifat dari suatu layanan.
·        Network Bandwidth => suatu nilai konsumsi transfer data yang dihitung dalam bit/detik.
·        Network Congestion => bisa diartikan macet atau perlambatan. Maksudnya, congestion merupakan perlambatan yang terjadi pada jalur paket-paket data.
·        Queue (antrian) => barisan elemen yang apabila elemen ditambah maka penambahannya berada di posisi belakang (rear) dan jika dilakukan pengambilan elemen dilakukan di elemen paling depan (front). Oleh karena itu, queue bersifat FIFO (first in first out).
·        Delay => waktu tunda suatu paket yang diakibatkan oleh proses transmisi dari satu titik ke titik lain yang menjadi tujuannya.
·        Packet Loss => banyaknya paket yang hilang atau rusak ketika pengiriman data.
·        Network infrastructure security => keamanan infrastruktur jaringan. Infrastruktur jaringan sendiri => sebuah kumpulan sistem komputer yang saling berhubungan, dihubungkan oleh berbagai macam bagian dari sebuah arsitektur telekomunikasi.
·        Control security => keamanan informasi yang diaplikasikan kepada komputer dan jaringannya.
·        Denial of service => sebuah jenis serangan yang dapat dilakukan siapa saja di Internet, yang memiliki tujuan melakukan pencegahan terhadap para user yang berwenang untuk melakukan akses kepada komputer, atau jaringan tertentu.
·        Data confidentiality => sifat data yang menyatakan bahwa data tersebut tidak boleh diketahui atau diakses pihak lain yang tidak berwenang.
·        User authentication => melakukan konfirmasi data user/pengguna yang sebelumnya sudah disimpan.
·        Encrypting data => proses membuat sandi atau mengacak data untuk menyelubungi pesan yang sesungguhnya dari orang-orang yang tidak mempunyai kunci khusus untuk membaca pesan tersebut.
·        Data integrity => jaminan konsistensi data terhadap semua status konstrain yang diberlakukan terhadap data tersebut, sehingga memberi jaminan keabsahan data itu sendiri.
·        Availability => upaya pencegahan ditahannya informasi atau sumber daya terkait oleh mereka yang tidak berhak.
·        Bring Your Own Device (BYOD) => sebuah tren kebijakan dimana perusahaan melegalkan atau memperbolehkan pegawainya untuk digunakan dalam bekerja.
·        Online collaboration => mengadakan diskusi dan bertukar informasi melalui internet.
·        Video conferencing => layanan yang menyediakan fasilitas untuk mempertemukan dua pihak atau lebih yang berada di lokasi yang berebda, mneggunakan jaringan komputer dengan komunikasi audio dan video.
·        Person-to-person video calling => permintaan percakapan telepon dengan pesan agar disambungkan dengan orang tertentu.
·        Cloud computing = > gabungan pemanfaatan teknologi komputer (komputing) dalam suatu jaringan dengan pengembangan berbasis internet (awan) yang mempunyai fungsi untuk menjalankan program atau aplikasi melalui komputer-komputer yang terkoneksi pada waktu yang sama, tetapi tak semua yang terkoneksi melalui internet menggunakan cloud computing.
·        Data centers => suatu fasilitas yang digunakan untuk menempatkan sistem komputer dan komponen-komponen terkaitnya, seperti sistem telekomunikasi dan penyimpanan data.
·        Server farms => sebuah kumpulan komputer server biasanya dijaga didalam sebuah bilik untuk mengawasi keperluan server yang jauh melampaui kemampuan satu mesin.
·        Server clusters => kumpulan dari server yang saling terhubung yang memiliki fungsi untuk membackup kinerja server yang lainnya jika terjadi kegagalan devices, sehingga service atau aplikasi yang ada didalam server tersebut tetap berjalan walaupun salah satu server dalam keadaan mati.
·        Multitasking => istilah teknologi informasi dalam bahasa inggris yang mengacu kepada sebuah metode dimana banyak pekerjaan atau dikenal juga sebagai proses diolah dengan menggunakan sumber daya CPU yang sama.
·        Virtualization => suatu teknologi yang dapat membagi satu server menjadi beberapa operating system yang dapat berjalan bersama-sama.
·        Smart home technology => sebuah teknologi berbantuan komputer yang akan memberikan segala kenyamanan, keamanan, dan penghematan energi yang berlangsung secara otomatis dan terprogram melalui komputer, pada gedung atau rumah.
·        Powerline networking => sistem untuk membawa data pada konduktor yang juga digunakan untuk transmisi tenaga listrik. Sehingga jaringan listrik selain berfungsi sebagai sumber listrik juga menjadi media penghantar komunikasi.
·        Wireless internet service provider (WISP) => internet access provider atau internet service provider yang berusaha memeberikan layanan sambungan nirkabel broadband dan sambungan untuk station bergerak kepada perusahaan pengguna.
·        Wireless local area networks (WLAN) => suatu jenis jaringan komputer yang tidak menggunakan kabel sebagai media nya melainkan menggunakan gelombang radio sebagai alat atau media transmisi data.
·        Wireless broadband service => teknologi komunikasi data berkecepatan tinggi dengan media nirkabel.
·        Viruses => program komputer yang dapat menggandakan atau menyalin dirinya sendiri dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen lain.
·        Worms => sebuah program salah satu malware. Program ini berbahaya yang menyebarkan dirinya di dalam banyak ko puter, dengan menggandakan dirinya dalam memori setiap komputer yang terinfeksi
·        Trojan horses => merupakan sebuah bentuk program yang menyamar sebagai aplikasi jinak. Tidak seperti virus lainnya, trojan horse tidak mereplikasi diri mereka sendiri tetapi merusak dan mengurangi performa komputer kita seperti virus lainnya. Yang berbahaya dari trojan horse yaitu program yang mengklaim untuk membersihkan virus, tetapi malah sebaliknya bukan membersihkan melainkan memperkenalkan virus ke komputer anda.
·        Spyware => jenis software berbahaya yang dapat melacak pekerjaan yang anda lakukan, baik di komputer maupun di internet dan mengirimkan informasi tersebut kepada orang yang tidak berhak mengetahuinya.
·        Adware => sebuah perangkat unak dengan tujuan promosi atau iklan produk atau penawaran layanan yang merupakan bagian dari sebuah situs atau aplikasi.
·        Zero-day attacks => suatu kondsi dimana suatu celah kemanan diketemukan dan tidak ada patch yang tersedia. Alias security tidak bisa berbuat apa-apa. Dan si penyerang bahkan bisa ngerjain kita di hari yang sama.
·        Hacker attacks => sebuah serangan cyber yang dilakukan oleh seseorang atau grup yang dapat mengancam data sensitif.
·        Data interception => pengambilan data yang dilakukan oleh orang yang tidak diberi izin.
·        Data theft => pencurian data yang dapat mengancam pencurian identitas.
·        Koneksi / Sambungan / Connection:
Dalam jaringan, koneksi (connection) mengacu pada potongan-potongan informasi terkait yang ditransfer melalui jaringan. Koneksi dibuat sebelum transfer data (mengikuti prosedur yang tercantum dalam protokol) dan kemudian didekonstruksi pada akhir transfer data.
·        Paket / Packet: Sebuah paket adalah, secara umum, unit paling dasar yang ditransfer melalui jaringan. Ketika berkomunikasi melalui jaringan, paket diibaratkan amplop yang membawa data Anda (dalam bentuk potongan-potongan) dari satu titik ke titik yang lain.
Paket memiliki bagian header yang berisi informasi mengenai paket itu sendiri termasuk sumber dan tujuan, timestamps, hop jaringan, dll. Bagian utama dari sebuah paket adalah berisi data aktual yang sedang ditransfer. Hal ini kadang-kadang disebut sebagai tubuh atau payload.
·        Antarmuka Jaringan / Network Interface: Sebuah antarmuka jaringan dapat merujuk ke segala jenis antarmuka perangkat lunak hingga ke perangkat keras jaringan. Misalnya, jika Anda memiliki dua kartu jaringan di komputer Anda, Anda dapat mengontrol dan mengkonfigurasi setiap antarmuka jaringan yang terkait dengan mereka secara individu.
Sebuah antarmuka jaringan dapat dihubungkan dengan perangkat fisik, atau mungkin menjadi representasi dari sebuah antarmuka virtual. Contohnya adalah Perangkat "loopback" yang merupakan antarmuka virtual ke mesin lokal.
·        LAN: LAN singkatan dari "Local Area Network ~ jaringan area lokal". Ini mengacu pada jaringan atau bagian dari jaringan yang tidak dapat diakses publik dari jaringan internet yang lebih besar. Sebuah jaringan di rumah atau kantor adalah contoh dari sebuah LAN.
·        WAN: WAN adalah singkatan dari "Wide Area Network ~ jaringan area yang lebih luas". Ini berarti jaringan yang jauh lebih luas daripada LAN. WAN adalah istilah yang relevan secara umum untuk menggambarkan jaringan yang besar dan tersebar, dan biasanya dimaksudkan sebagai internet secara keseluruhan.
Jika suatu antarmuka terhubung ke dalam WAN, umumnya diasumsikan dapat diakses melalui internet.
·        Protokol / Protocol: adalah seperangkat aturan dan standar-standar berupa bahasa yang digunakan suatu perangkat untuk berkomunikasi. Ada sejumlah besar protokol yang digunakan secara luas di jaringan, dan mereka sering diimplementasikan dalam lapisan yang berbeda.
Beberapa protokol tingkat rendah adalah TCP, UDP, IP, dan ICMP. Beberapa contoh akrab protokol lapisan aplikasi - dibangun di atas protokol yang lebih rendah - adalah HTTP (untuk mengakses konten web), SSH, TLS / SSL, dan FTP.
·        Port: adalah alamat pada suatu mesin yang dapat dikaitkan dengan bagian tertentu dari perangkat lunak. Ini bukan antarmuka fisik atau lokasi, tetapi memungkinkan server Anda untuk dapat berkomunikasi menggunakan lebih dari satu aplikasi.
·        Firewall: adalah sebuah program yang menentukan diijinkan tidaknya lalu lintas yang datang ke dan keluar server. Firewall biasanya bekerja dengan menciptakan aturan untuk jenis lalu lintas dapat diterima pada suatu port. Umumnya, firewall memblokir port yang tidak digunakan oleh aplikasi tertentu pada server.
·        NAT: singkatan dari Network Address Translation. Ini adalah cara untuk menerjemahkan permintaan yang masuk ke dalam suatu routing server untuk ke perangkat yang relevan atau server dalam LAN. Hal ini biasanya diterapkan pada LAN fisik sebagai cara untuk meneruskan permintaan melalui satu alamat IP ke server backend yang diperlukan.
·        VPN: adalah singkatan dari Virtual Private Network. Ini adalah sarana penghubung pada suatu LAN yang terpisah melalui jaringan internet dan tetap menjaga privasi. Ini digunakan sebagai sarana penghubung sistem remote yang seolah-olah masih berada dalam jaringan lokal, seringkali digunakan untuk alasan keamanan.


Itulah sedikit penjelasan tentang jaringan nirkabel, mohon maaf kalau ada kesalahan informasi. nantikan juga post saya selanjutnya. semoga post ini bermanfaat bagi kalian semua.
Wassalamualaikum Wr.wb

No comments:

loading...