Blog ini berisi Pelajaran Mengenai Komputer dan Sedikit Hiburan

Breaking

Friday, November 24, 2017

Sistem Komunikasi Data

1.   Elemen Sistem Komunikasi Data yang berfungsi menangkap data yang dihasilkan oleh reciver adalah …

       1. Pengirim
·         Pengirim atau sender adalah pihak yang membuat pesan dan melakukan aktivitas menyampaikan pesan tersebut kepada penerima pesan. Hampir semua perangkat dapat menjadi pengirim, akan tetapi mungkin yang lebih dekat dengan kehidupan kita sehari-hari adalah komputer atau laptop dan telepon genggam. Kedua perangkat ini bertindak sebagai pengirim pesan. Komputer sendiri sebenarnya terdiri dari berbagai macam perangkat yang saling berhubungan dan di antara perangkat-perangkat tersebut pun terjadi komunikasi data.

     2. Penerima
·         Penerima atau receiver adalah pihak yang menjadi sasaran pesan dari pengirim dan menerima pesan tersebut. Hampir semua perangkat dapat menjadi penerima pesan sekaligus sebagai pengirim, akan tetapi mungkin yang lebih dekat dengan kehidupan kita sehari-hari adalah perangkat elektronik seperti printer, speaker portabel yang dihubungkan dengan bluetooth dan lain sebagainya. Perangkat-perangkat itu sendiri sebenarnya terdiri dari berbagai macam unit yang saling berhubungan dan di antara unit-unit tersebut pun terjadi komunikasi data.
·         Sebagian besar perangkat yang digunakan dalam komunikasi data dapat bertindak sebagai pihak yang mengirim atau pengirim dan juga pihak penerima. Tentu saja peran mereka juga akan menyesuaikan keadaan yang mengikuti komunikasi yang terjadi. Bahkan perangkat keras yang bertindak sebagai pengirim kadang kala juga perlu bertindak sebagai penerima terlebih dahulu sebelum fungsinya dapat berjalan dengan sempurna, seperti misalnya layar kartu grafis.

2.   Berikut ini adalah model standar yang dipakai secara luas untuk komunikasi data pada saat ini. Salah satunya , yaitu …


·       Berdasarkan Tipe Channel Transmisi
Model komunikasi data berdasarkan tipe channel transmisi ini dibedakan menjadi 3 macam yaitu transmisi satu arah, transmisi dua arah bergantian, dan transmisi dua arah serentak.

·         Transmisi Satu Arah
        Transmisi satu arah atau dalam bahasa Inggrisnya One Way Transmission atau istilah sederhananya Simplex ini hanya dapat membawa informasi data dalam bentuk satu arah saja dan tidak bolak-balik. Transmisi satu arah ini contohnya adalah radio dan televisi. Signal yang dikirimkan dari stasiun pemancar hanya dapat diterima oleh pesawat penangkap siaran, selain itu pesawat penangkap siaran juga tidak dapat mengirimkan informasi balik ke stasiun pemancar. Sederhananya, stasiun pemancar hanya dapat mengirimkan sinyal ke stasiun penangkap, tanpa adanya balasan atau feedback dari stasiun penangkap.

·         Transmisi Dua Arah Bergantian
        Transmisi dua arah bergantian dalam istilah bahasa Inggrisnya Either Way Transmision atau istilah sederhananya Half Duplex disingkat HDX merupakan tipe chanel transmisi yang dapat mengirim informasi data dan menerima informasi data namun tidak dalam waktu yang sama alias bergantian. Hal ini dapat ditemui pada alat komunikasi seperti Radio CB Walkie-Talkie. Kita dapat mengirimkan pesan ke komunikan, dan kita dapat menerima pesan balasan dari komunikan namun secara bergantian.
·         Spo

·         Transmisi Dua Arah Serentak
         Transmisi dua arah serentak atau dalam bahasa Inggrisnya Both Way Transmission atau istilah sederhananya Full Duplex yang biasa disingkat FDX merupakan channel transmisi sama halnya dengan transmisi dua arah bergantian, namun perbedaannya di sini antara pengiriman dan penerimaan pesan bisa dilakukan di waktu yang sama. Transmisi dua arah serentak ini salah satu contohnya adalah telepon atau handphone. Sehingga kita dapat mengirimkan pesan kepada komunikan dan bisa langsung mendapatkan balasan pesan dari komunikan.


3.   Software client VoIP berbasis SIP atau IAX yang disebut dengan softphone yang dapat diperoleh dari beberapa situs di internet salah satunya adalah …

·         SIP vs IAX
·         Voice over Internet Protocol, atau VoIP, dengan cepat mendapatkan popularitas sebagai alternatif biaya rendah untuk panggilan reguler. Di bawah VoIP, ada sejumlah protokol lain yang dapat digunakan yang mencakup Session Initiation Protocol, atau SIP, dan Inter-Asterisk eXchange yang biasa dikenal dengan IAX. Perbedaan utama antara SIP dan IAX adalah bahwa IAX jauh lebih efisien bila menggunakan bandwidth dibandingkan SIP. Inilah alasan utama dibalik penciptaan IAX. Dengan bandwidth tertentu, menggunakan IAX memungkinkan Anda membawa sejumlah besar panggilan telepon bersamaan daripada jika Anda menggunakan SIP.
·         IAX mencapai ini dengan menjadi protokol biner dan bukan protokol teks biasa seperti SIP. Menggunakan biner memungkinkan IAX memampatkan perintah dan kode ke dalam ukuran sekecil mungkin. Ini juga berarti bahwa IAX sedikit lebih kuat daripada SIP, yang membutuhkan penguraian untuk membagi dan mengenali berbagai perintah yang diberikan.
·         IAX bukan tanpa kerugian karena memang menderita cukup banyak. Yang pertama adalah kesulitan dalam memperluas protokol IAX. Karena kurangnya mekanisme penyuluhan generik di IAX, perlu tambahan baru untuk ditambahkan ke spesifikasi; tidak seperti SIP yang bisa diperpanjang dengan mudah.

·         Kelemahan kedua adalah penggunaan satu port. Di satu sisi, ini sebenarnya bagus karena membuat terjemahan jaringan menjadi angin sejajar. Kelemahan dari melakukannya adalah mempermudah orang jahat untuk mengeksekusi sumber daya kelelahan atau penolakan serangan layanan. Dengan membanjiri pelabuhan yang digunakan oleh IAX, mereka dapat mengatasi sistem dan mencegah pengguna yang sah mengakses layanan ini. Karena tidak ada port tunggal untuk SIP, ini bukan masalah besar.
·          
·         Bila menyangkut penggunaan, SIP lebih populer dari keduanya. Hampir semua klien VoIP mendukung penggunaan SIP. SIP juga digunakan oleh banyak produsen perangkat keras sebagai protokol utama untuk handset VoIP mereka yang mengarah pada munculnya istilah "telepon SIP."

·         Ringkasan:
·         1.IAX lebih hemat bandwidth dibanding SIP.
·         2.SIP adalah teks biasa sedangkan IAX tidak.
·         3.IAX tidak dapat diperluas seperti SIP.
·         4.IAX rentan terhadap serangan kelelahan sumber daya sementara SIP tidak.
·         5.SIP lebih populer dibanding IAX.

4.   Dalam komunikasi Voip, Private Automatic Branch eXchange (PABX) yang digunakan adalah …

· PABX digital
· Adalah PABX yang mempunyai output atau extension berupa data digital. PABX jenis ini data digital perlu diubah dengan pesawat telepon khusus untuk dapat menjadi suara. tiap-tiap merek mempunyai konversi digital yang berbeda dengan nama dan istilah berbeda juga.
· PABX analog
· Adalah PABX yang mempunyai output analog berupa sinyal analog, karena menggunakan sinyal analog maka tidak perlu pesawat telepon khusus. Pesawat telepon ini sama seperti yang digunakan dirumah yang dihubungkan PSTN dalam istilah disebut Single Line Telephone (SLT).
· PABX Hybrid
· Adalah PABX gabungan antara dua sistem di atas. Oleh karena itu sistem ini mempunyai 4 kabel (2 pasang-1 pasang analog 1 pasang digital) pada setiap keluarannya.
· PABX IP (Internet Protocol)
· Adalah PABX yang hanya mengunakan protocol IP untuk interkoneksi ke pesawat pesawatnya. PABX IP menggunakan port RJ45 untuk sambungannya

5.     Linux
Linux  adalah salah satu contoh sistem operasi berbasis CLI, kepanjangan dari CLI adalah…
·         Pengertian antarmuka ( interface) adalah salah satu layanan yang disediakan sistem operasi sebagai sarana interaksi antara pengguna dengan sistem operasi. Antarmuka adalah komponen sistem operasi yang bersentuhan langsung dengan pengguna. Terdapat dua jenis antarmuka, yaitu Command Line Interface(CLI) dan Graphical User Interface(GUI).

·         CLI adalah tipe antarmuka dimana pengguna berinteraksi dengan sistem operasi melalui text-terminal. Pengguna menjalankan perintah dan program di sistem operasi tersebut dengan cara mengetikkan baris-baris tertentu.
Meskipun konsepnya sama, tiap-tiap sistem operasi memiliki nama atau istilah yang berbeda untuk CLI-nya. UNIX memberi nama CLI-nya sebagai bash, ash, ksh, dan lain sebagainya. Microsoft Disk Operating System (MS-DOS) memberi nama command.com atau Command Prompt. Sedangkan pada Windows Vista, Microsoft menamakannya PowerShell. Pengguna Linux mengenal CLI pada Linux sebagai terminal, sedangkan pada Apple namanya adalah commandshell.

Berikut command pada linux
·        sudo su
·        login
·        cd
·        pwd
·        addgroup

No comments:

loading...