Blog ini berisi Pelajaran Mengenai Komputer dan Sedikit Hiburan

Breaking

Wednesday, February 7, 2018

Prinsip kerja komunikasi dan perangkatnya

Assalamualaikum wr.wb
Nah pada pertemuan kali ini saya akan membahas tentang Prinsip Kerja Komunikasi dan Perangkatnya, Yuk disimak,,

Prinsip kerja komunikasi 

Simplex yaitu komunikasi antar transmitter dan receiver. Transmitter hanya bisa memancarkan dan receiver hanya bisa menerima.

Half duplex = ada 2 user, masing masing punya transmitter dan receiver. Namun setiap perangkat hanya bisa menggunakan salah satu dalam satu waktu. Jika perangkat 1 transmit, perangkat 2 akan receive. Pada proses itu, perangkat 1 tidak akan bisa receive dan perangkat 2 tidak akan bisa melakukan transmit. Inilah konsp half duplex. Contohnya pada handy talkie (HT)


Full duplex= kedua perangkat bisa melakukan receive dan transmit pada saat yang sama. Contohnya pada penggunaan telepon modern.
2.       Komunikasi Data
Komunikasi data adalah proses pengiriman informasi diantara dua titik menggunakan kode biner melewati saluran transmisi dan peralatan switching dapat terjadi antara komputer dengan komputer, komputer dengan terminal atau komputer dengan peralatan. Komunikasi data merupakan gabungan dari teknik telekomunikasi dengan teknik pengolahan data.Secara umum ada dua jenis komunikasi data, yaitu:  
  • Melalui Infrastruktur Terestrial 
Menggunakan media kabel dan nirkabel sebagai aksesnya. Membutuhkan biaya yang tinggi untuk membangun infrastruktur jenis ini. Beberapa layanan yang termasuk teresterial antara lain: Sambungan Data Langsung (SDL), Frame Relay, VPN MultiService dan Sambungan Komunikasi Data Paket (SKDP). · 
·       Melalui Satelit 
Menggunakan satelit sebagai aksesnya. Biasanya wilayah yang dicakup akses satelit lebih luas dan mampu menjangkau lokasi yang tidak memungkinkan dibangunnya infrastruktur terestrial namun membutuhkan waktu yang lama untuk berlangsungnya proses komunikasi. Kelemahan lain dari komunikasi via satelit adalah adanya gangguan yang disebabkan oleh radiasi gelombang matahari (Sun Outage) dan yang paling parah terjadi setiap 11 tahun sekali.
              
Komunikasi Audio 
  
Komunikasi audio adalah suatu alat komunikasi yg dapat ditangkap melalui alat pendengaran. Contoh : telepon, audio, dan tape recorder. Keuntungan menggunakan fasilitas komunikasi audio adalah kita bisa berkomunikasi dengan seseorang dizona yg berbeda atau ditempat yg berbeda, tanpa harus berada dizona atau tempat yg bersamaan.    
   Komunikasi data  
Merupakan bentuk komunikasi yang dapat mengirimkan informasi dalam bentuk data digital. Informasi ini awalnya dapat berupa suara, gambar atau teks yang kemudian di ubah kedalam satuan data digital oleh perangkat komputer. Implementasinya dari komunikasi data dalam kehidupan sehari-hari, dapat dijumpai pada banyak aplikasi komunikasi. 
Elemen-elemen yang terkandung dalam proses komunikasi data, tidak terlepas dari elemen-elemen dasar pada proses komunikasi secara umum, yang dapat digambarkan pada model komunikasi, seperti terlihat pada gambar dibawah ini
yang menunjukkan konsep komunikasi secara umum, menjelaskan pihak mana yang melakukan pengiriman informasi, bagaimana informasi tersebut disampaikan ke pihak lain yang bertindak sebagai penerima informasi, serta pihak mana yang bertindak sebagai komponen penerima informasi.
Model Komunikasi ini terdiri atas lima komponen yang saling melengkapi satu sama lain ketika proses komunikasi terjadi, lima komponen tersebut adalah Komponen Sumber, Pengirim, Sistem Transmisi, Penerima dan Tujuan pengiriman informasi. 
Untuk lebih jelasnya rincian serta penjelasan dari 5 komponen komunikasi data adalah sebagai berikut :

1. Sumber (source)
Alat/komponen yang membangkitkan data atau informasi yang akan di transmisikan, dapat berupa alat input pada komputer. Alat ini dapat mengubah informasi audio, video atau teks menjadi satuan data untuk di proses pada sistem komputer.

2. Pengirim (transmitter)
Alat untuk memproses data atau informasi yang berasal dari sumber (source) agar dapat di salurkan oleh sistem/media transmisi.
Bentuk fisik nya dapat berupa komputer personal yang dapat mengolah segala bentuk informasi, atau secara khusus dapat berupa pesawat telepon untuk komunikasi dengan informasi berupa suara (voice).

3. Sistem Transmisi
Berupa jalur transmisi tunggal (single transmission line) atau jalur kompleks (complex network) yang menghubungkan sistem sumber dengan sistem tujuan, secara fisik dapat berupa media wireline atau media wireless.
Jalur transmisi tunggal, maksudnya adalah antara perangkat pengirim dan penerima satu jenis media dalam satu segmen jaringan.Sedangkan maksud dari jalur kompleks adalah perangkat pengirim dan penerima dihubungkan oleh satu sistem

4. Penerima (receiver)
Alat untuk menerima sinyal dari sistem transmisi dan memproses menjadi informasi yang dapat ditangkap/ diproses oleh tujuan. Fisiknya dapat berupakomputer personal untuk fungsi informasi secara umum.

5. Tujuan (destination)
Menangkap informasi yang dihasilkan oleh penerima, informasi yang diterima oleh perangkat tujuan selanjutnya diubah menjadi jenis informasi yang sama dengan informasi yang dikirimkan, Software aplikasi digunakan untuk menjembatani informasi ini menuju pengguna jaringan komputer.



Modem berasal dari singkatan Modulator Demodulator. Modulatormerupakan bagian yang mengubah sinyal informasi ke dalam sinyal pembawa (carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua-arah umumnya menggunakan bagian yang disebut "modem", seperti VSAT, Microwave Radio, dan lain sebagainya, namun umumnya istilah modem lebih dikenal sebagai Perangkat keras yang sering digunakan untuk komunikasi padakomputer.
Data dari komputer yang berbentuk sinyal digital diberikan kepada modem untuk diubah menjadi sinyal analog, ketika modem menerima data dari luar berupa sinyal analog, modem mengubahnya kembali ke sinyal digital supaya dapat diproses lebih lanjut oleh komputer. Sinyal analog tersebut dapat dikirimkan melalui beberapa media telekomunikasi seperti telepon dan radio.
Setibanya di modem tujuan, sinyal analog tersebut diubah menjadi sinyal digital kembali dan dikirimkan kepada komputer. Terdapat dua jenis modem secara fisiknya, yaitu modem eksternal dan modem internal.
perangkat keras sistem komunikasi: 
A.    Modem dan Facsimile
Kecepatan modem ditentukan dengan ukuran bit per second (bps) atau bit per detik. Semakin tinggi bps suatu modem, biaya transmisi data akan lebih ringan, namun harga modem itu sendiri lebih mahal. Kecepatan standar modem dewasa ini adalah 28.800bps. Modem pada umumnya memiliki fasilitas facsimile (fax). Facsimile (fax) adalah peralatan untuk mengirimkan dokumen dan file data dari PC kepada mesin fax atau komputer penerima tanpa perlu mencetaknya terlebih dahulu. Data juga dapat dikirim dengan broadcast faxing, yaitu dikirim ke semua pihak dalam suatu kelompok dengan satu kali perintah cetak.
B.    Multiplexor dan Front-End Processor
Multiplexor atau multiplexer adalah komponen yang berfungsi sebagai penggabung isyarat-isyarat dari PC, terminal, dan perangkat-perangkat lain, serta menstranmisikannya melalui saluran komunikasi berkecepatan tinggi. Multiplexor berperan sebagai pengurai isyarat-isyarat untuk dikembalikan lagi dalam bentuk masing-masing pesan. Untuk membantu CPU pada host computer, khususnya untuk mengkoordinasikan dan mengendalikan komunikasi data, digunakan front-end processor. Front-end processor adalah alat untuk mengkoordinasikan dan mengendalikan komunikasi data pada host computer.
C.   TerminalMerupakan alat yang melayani proses I/O, jadi merupakan penghubung antara manusia dengan mesin. Pemilihan terminal ditentukan oeh kebutuhan pada saat ini dan melihat perkembangan di masa datang.
D. Komputer
Komputer atau prosesor yang dibutuhkan untuk sistem komunikasi data berbeda dengan prosesor untuk pengolah data. Banyak komputer dapat melayani kegiatan komunikasi data, asal saja perangkat keras dapat mengambil alih tugas yang kurang dapat dikerjakan secara efisien oleh prosesor tsb. Kebutuhan utama prosesor pada komunikasi data ialah mengolah data yang datang secara cepat dalam sistem real-time.
  E.Transmission Lines
Supaya data dapat diterima oleh penerima diperlukan suatu media untuk membawa data tersebut. Medium tersebut dinamakan Saluran Transmisi (transmission lines). Pada  dasarnya sistem transmisi dapat membawa data secara listrik atau elektro optik dan melalui satu kanal telekomunikasi. Kanal telekomunikasi merupakan saluran yang dipergunakan untuk membawa data dari sumber ke penerima.

F.  Concentrator
merupakan antar muka sejumlah terminal dengan saluran ke komputer pusat. Digunakan sebagai pengganti ataupun bersama-sama dengan multiplexer. Data yang diterima dikumpulkan dalam jumlah tertentu, baru kemudian disalurkan secara bersamaan ke tujuan. Sehingga Concentrator dapat membebaskan saluran komunikasi dari lalu lintas yag tidak bermanfaat, dan membebaskan komputer dari semua kegiatan yang berhubungan dengan penyaluran berita tanpa salah (error free messages).

 Perbedaan antara Teknologi Komunikasi Analog dengan Digital
Analog
Digital
·         digunakan untuk komunikasi yang lalulintasnya rendah
·         mengirim data jauh lebih lama dengan kapasitas yang biasa dan memiliki tingkat eror yang lebih besar.
·         Penggunaan yang berulang terhadap informasi mempengaruhi kualitas dan kuantitas informasi itu sendiri.
·         Tidak dapat memproses informasi dalam jumlah yang sangat besar dan mengirimkannya secara interaktif.
·         System komunikasi kurang fleksibel
·         Alat-alat pada teknologi digital kurang stabil, praktis ,memiliki daya tahan yang kurang lama dan biaya relative lebih mahal.
·         Sinyal analog memiliki jumlah kemungkinan nilai amplituda yang tak terhingga.
·         Teknologi analoh kurang toleran terhadap noise
·         Teknologi analog menyediakan kapasitas transmisi yang lebih kecil
·         Teknologi analog belum memungkinkan pengenalan layanan-layanan baru
·         digunakan untuk komunikasi yang lalulintasnya padat atau tinggi.
·         mengirimkan data dengan cepat, dengan kapasitas yang lebih, dan memiliki tingkat error yang kecil
·         Penggunaan yang berulang-ulang terhadap informasi tidak mempengaruhi kualitas dan kuantitas informasi itu sendiri.
·         Dapat memproses informasi dalam jumlah yang sangat besar dan mengirimkannya secara interaktif.
·         System komunikasi lebih fleksibel
·         Alat-alat pada teknologi digital juga lebih stabil, praktis, memiliki daya tahan yang lama dan biaya relative lebih murah
·         Sinyal analog memiliki jumlah kemungkinan nilai amplituda yang terhingga.
·         Teknologi digital lebih toleran terhadap noise
·         Teknologi digital menyediakan kapasitas transmisi yang besar
·         Teknologi digital memungkinkan pengenalan layanan-layanan baru




Sekian informasi yang bisa saya sampaikan mohon maaf jika ada kesalahan informasi, nantikan juga post saya selanjutnya.

Wassalamualaikum wr.wb

No comments:

loading...