Blog ini berisi Pelajaran Mengenai Komputer dan Sedikit Hiburan

Breaking

Thursday, February 22, 2018

Materi Flowchart, Operand, Data Movement, Singkronisasi, EDF (Executing, Decoding, Fletching)


  Assalamualaikum wr.wb
  pada pertemuan kali ini saya akan membahas materi tentang Flowchart, Operand, Data Movement, Singkronisasi, EDF (Executing, Decoding, Fletching) bagi kalian yang belum mengerti ada baiknya menyimak penjelasan saya dibawah ini.

1.    Flowchart
A.    Pengertian
Flowchart atau bagan alur merupakan metode untuk menggambarkan tahap-tahap penyelesaian masalah (prosedur), beserta aliran data dengan simbol-simbol standar yang mudah dipahami. Dalam kehidupan sehari-hari, flowchart banyak digunakan di pusat-pusat layanan seperti kantor pemerintahan, bank, rumah sakit, organisasi masyarakat, dan perusahaan.

Tujuan utama penggunaan flowchart adalah untuk menyederhanakan rangkaian proses atau prosedur untuk memudahkan pemahaman pengguna terhadap informasi tersebut. Oleh karena itu, design sebuah flowchart harus ringkas, jelas, dan logis.

Fungsi Flowchart adalah untuk menggambarkan, menyederhanakan rangkaian proses atau prosedur sehingga mudah dipahami dan mudah dilihat berdasarkan urutan langkah dari suatu proses.

B.    Manfaat Flowchart
·         Sebagai Dokumentasi Prosedur Kerja dalam ISO
·         Sebagai pedoman untuk menjalankan Operasional
·         Sebagai pedoman untuk melakukan pelatihan terhadap Karyawan baru
·         Sebagai benchmark (patokan)
·         Sebagai Peta kerja untuk mencegah terjadi kehilangan arah
·         Untuk mempermudah pengambilan keputusan

C.   Jenis Flowchart
·         System Flowchart – menjelaskan urut-urutan dari prosedur-prosedur dan menunjukkan apa yang dikerjakan di sistem.
·         Document Flowchart – menunjukkan arus dari laporan dan formulir termasuk lampirannya, dikenal juga dengan sebutan paperwork flowchart.
·         Schematic Flowchart – untuk menggambarkan prosedur di dalam sistem dan menggunakan simbol flowchart.
·         Program Flowchart – untuk menjelaskan secara rinci langkah-langkah dari proses program, terdiri dari dua macam, yaitu bagan alir logika program  (program logic flowchart)  dan bagan alir program komputer terinci  (detailed computer program flowchart).
·         Process Flowchart – Bagan alir ini juga berguna bagi analis sistem untuk menggambarkan proses dalam suatu prosedur.

D.   Symbol Flowchart

Berikut ini adalah contoh sebuah flowchart mengenai peminjaman buku di perpustakaan :

1. Siswa datang ke perpustakaan. Setelah memilih buku yang hendak dipinjam, siswa membawa buku tersebut ke petugas administrasi sambil menunjukkan kartu siswa. Jika syarat dipenuhi, siswa langsung menandatangani kartu (peminjaman) buku dan buku diserahkan kepada siswa tersebut. Namun jika persyaratan tidak dipenuhi (misal tidak membawa kartu siswa), maka ia tidak diperbolehkan meminjam buku.

Untuk memudahkan narasi tersebut, kita dapat meringkasnya dalam bentuk poin sebagai berikut :
- Siswa membawa buku yang akan dipinjam ke petugas administrasi sambil menunjukkan kartu siswa - Jika segala persyaratan dipenuhi, maka siswa menandatangani kartu buku
- Jika persyaratan tidak dipenuhi, siswa tersebut tidak boleh meminjam buku.

         Semua ketentuan diatas dapat dikonversikan dalam bentuk flowchart yang jauh lebih sederhana dan mudah dipahami seperti contoh berikut :

2.    Operand
A.    Pengertian
Operand adalah sebuah objek yang ada pada operasi matematika yang dapat digunakan untuk melakukan operasi. Operand atau operator dalam bahasa C berbentuk simbol bukan berbentuk keyword atau kata yang biasa ada di bahasa pemrograman lain. Simbol yang digunakan bukan karakter yang ada dalam abjad tapi ada pada keyboard kita seperti =,<,>,* dan sebagainya.

B.    Jenis-jenis Operand
Instruksi mesin melakukan operasi terhadap data. Pada umumnya data dikategorikan ke dalam angka, karakter dan data logika.
·         Angka
       Setiap bahasa mesin mengandung tipe data numerik. Umunya terdapat tiga tipe data angka yang ada pada komputer yaitu:
o   Binary integer
o   Binary floating point
o   Desimal
          Semua operasi pada internal komputer berupa data biner, namun user berinteraksi dengan bilangan desimal. Maka perlu dilakukan konversi dari desimal ke bilangan biner pada input dan konversi dari biner ke desmimal pada output. Bilangan desimal direpresentasikan dalam 4 bit kode biner maka 0=0000, 1=0001,...,8=1000, 9=1001. Sedangkan untuk desimal 246 = 0000 0010 0100 0110. Untuk bilangan negatif direpresentasikan dengan 4 bit yang diletakkan pada awal atau akhir string. Standar tanda yang digunakan adalah 1100 untuk bilangan positif dan 1101 untuk tanda bilangan negatif.
·         Karakter
          Umumnya bentuk data adalah teks atau kumpulan karakter. Sedangkan sistem komputer didesain untuk data biner. Maka sejumlah kode dalam urutan bit perlu di tentukan untuk merepresentasikan sebuah karakter. Saat ini standar kode yang digunakan untuk merepresentasikan karakter adalah American Standart Code for Information Interchange (ASCII). Setiap karakter pada kode ASCII direpresentasikan dengan 7 bit biner yang unik. Maka terdapat 128 karakter yang berbeda yang dapat direpresentasikan. Selain itu juga ada yang menggunakan Extended Binary Coded Decimal Interchange Code (EBCDIC) yang digunakan oleh IBM mainframe.
·         Data logika
       Pada umumnya setiap word atau yang lain merupakan satu unit data yang masing masing unit data memiliki nilai 0 atau 1. Ketika dipandang dengan cara ini, maka data tersebut dianggap sebagai data logika. Data logika hanya bernilai true “1” atau false “0”.

3.    Data Movent
A.    Pengertian
Proses data movement ini adalah memindahkan (dapat diakatakan membackup juga) data – data dari database yang berupa data indeks, grand, schema, dan lain – lain ketempat baru. Tempat baru ini bisa ke dalam database baru atau memang untuk dibackup saja.
B.    Data movement terdiri dari 2 bagian besar yaitu :
·         Load & Unload [difokuskan untuk memindahkan data yang berupa indeks atau data itu sendiri alias isi dari database tersebut]
·         Export & Import [memindahkan data secara lengkap, mulai dari grand, schema, dan seluruhnya]
C.   Jika dilihat, load tersebut berhubungan dengan import, dan upload berhubungan dengan export.
·         Load berfungsi untuk memasukan data / transaksi ke sebuah table. Dapat dikatakan juga insert, replace, atau update.
·         Sedangkan unload digunakan untuk membaca data dari table dan menyimpannya dalam bentuk sebuah file.
Kelemahan load adalah dalam prosesnya bisa saja terjadi data yang tidak berpindah secara sempurna atau sering kita sebut Corup.
D.   Bulk Data Movement
Kombinasi dari UNLOAD dan LOAD data, Bulk Data Movement adalah salah satu metode yang digunakan DBA untuk memindahkan sejumlah besar data dari satu tempat ke tempat yang lain.
Ada beberapa metode yang lain untuk memindahkan data dengan kuantitas yang besar

EX :
1. ETL adalah salah satu software yang dapat digunakan untuk melakukan data movement. ETL singkatan dari extract, transform, and load.
2. Replication and Propagation, software yang memonitoring source database dan target, dan yang dihasilkan oleh software ini adalah pencatatatn log.

Perlu diperhatikan juga hak akses dalam load & unload, import & export minimal adalah akses select.

4.    Singkronisasi
A.    Pengertian
Definisi sinkronisasi adalah suatu proses dimana proses tersebut saling bersamaan dan saling berbagi data bersama yang mengakibatkan race condition atau lebih dikenal dengan inkonsistensi data.
Sinkronisasi menjadi penting karena bisa menghindari sesuatu yang tidak konsisten akibat data akses yang kurang akurat. Jadi dalam melakukan sinkronisasi ini dilakukan dalam waktu yang bersamaa. So kesimpulan dari sinkronisasi adalah sesuatu yang dilakukan bersama diwaktu yang sama pula untuk menghindari data yang tidak akurat.
B.    Perangkat Singkronisasi Sistem Operasi
Setelah Anda mengetahui pengertian dari sinkronisasi sekarang saatnya Anda mengetahui beberapa perangkat tentang sinkronisasi sistem operasi lengkap. Dalam perangkat ini terdapat istilah dengan nama intruksi t-test yang berarti intruksi atomik yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah critical section. Dalam membuat test Anda dapat menggunakan analogi seperti dibawah ini.
function test-and-set (var target; boolean) boolean;
begin
test-and-set ; = target:
target : = true ;
end
Nah sebelum Anda kebingungan dengan rumus diatas, berikut adalah keterangan dari rumus analogi sinkronisasi.
·         Semafor artinya variabel yang hanya bisa diakses oleh dua buah operasi yaitu increment dan decrement.
Monitor biasa digunakan untuk menangani masalah yang ada setelah menggunakan semafor.
·         JVM adalah implementasi dari monitor, Anda bisa menggunakan keyword  synchronized dalam menggunakan monitor ini.Setelah mengetahui definis dan perangkat serta analogi dari rumus sinkronisasi ini, berikutnya adalah pengetahuan mengenai manfaat sinkonisasi.
·         Bermanfaat untuk menyimpan data, baik sementara atau pemanen sehingga memudahkan pekerjaan.
·         Jadi dengan menggunakan sistem ini pekerjaan Anda akan lebih terbantu dan lebih efektif karena bisa menghemat waktu.
Selain ada manfata, ternyata ada beberapa masalah dalam sinkronisasi. Masalah tersebut adalah race condition dan critial section.
Apa itu race condition dan critial section ? Berikut pembahasannya untuk Anda.
Race condition adalah keadaan dimana ada 2 atau lebih proses yang sedang mengakses sumber secara bersamaan. Sedangkan critical section adalah menggunakan kode segmen dari proses yang bisa menyebabkan terjadinya race condition.
Demikian adalah informasi seputar sinkronisasi, kebanyakan siswa kejuruan yang menggunakan ilmu ini dalam mengakses data. Sedangkan untuk anak yang belajar dijurusan IPA, IPS dan bahasa jarang mempelajari mengenai sistem yang ada.
Semoga informasi kali ini bisa dipahami dengan mudah dan tidak membuat Anda bingung lagi sehingga memudahkan Anda dalam melakukan praktek sinkronisasi di sekolah dan Anda benar-benar bisa menjalankan praktek dengan baik dan benar. Dan jangan lupa ya sobat bagikan artikel ini kepada teman-teman sobat agar nantinya artikel ini lebih banyak di baca oleh para pelajar/siswa di indonesia agar memudahkan yang lain dalam mencari Referensi tentang Sinkronisasi. Saya yakin teman-teman semua sudah memahami penjelasan di atas, akan tetapi jika ada di antara sobat masih ada yang kurang Faham silahkan saja tinggalkan pertanyaannya di Kotak komentar ya, InsyaAllah akan segera saya Jawab, nah kita cukupkan sampai di sini dahulu pertemuan kita kali ini sob, kita akan bertemu di artikel berikutnya, akhir kata dari saya, terima kasih.

5.    Executing, Decoding dan Fletching
A.    Pengertian
·         Executing
Execute atau Eksekusi adalah Instruksi untuk menjalankan program yang telah dikompilasi oleh komputer.
Eksekusi Program yang berarti sistem operasi memiliki kemampuan untuk menjalankan program dengan mengambil instruksi beserta data yang diperlukan oleh program tersebut, lalu menempatkannya pada memori, dan melaksanakan perintah yang ada pada program.
·         Decoding
Decode atau Pembacaan sandi  Adalah suatu metoda pembacaan suatu data yang telah dikirimkan dalam bentuk sandi, kemudian diterjemahkan kembali ke dalam bentuk data aslinya.
Pada CPU, merupakan salah satu langkah dalam menjalankan instruksi yang akan dijalankan oleh komputer pada CPU. Ketika CPU telah mendapatkan instruksinya melalui fetch, maka pelaksanaan berikutnya adalah pada bagian decode ini yang berfungsi untuk menganalisa instruksi yang akan dijalankan, terutama untuk menentukan bagian chip mana pada CPU yang akan digunakan untuk memproses instruksi tersebut.
Beberapa chip akan melihat melihat bagaimana suatu instruksi dapat dilakukan seefisien mungkin. Begitu juga ketika sebuah instruksi yang didapatkan tidak langsung memberikan data aktualnya, melainkan alamat dimana data tersebut berada, maka chip tersebut akan melakukan proses pengambilan dimana data tersebut berada.
·         Fletching
Arti kata fetch dalam bahasa Indonesia adalah menjemput. Sebagai salah satu operasi yang terjadi pada CPU, fetch merupakan peristiwa pengambilan perintah dan data yang diperlukan. Fetch merupakan proses mengambil atau membawa instruksi dari memori utama ke CPU.
Istilah fetch ini disebut juga dengan instruction fetch, fetch phase, fetch cycle, atau instruction cycle. Operasi fetch ini selalu yang pertama dilakukan oleh CPU terutama untuk mendapatkan informasi atau data tentang instruksi yang dikerjakannya.
          Pertama kali yang dilakukan mengambil instruksi dan data dari luar chip, biasanya dari DRAM. Misalnya perintah matematika sederhana untuk penambahan bilangan. Dalam beberapa kasus, data yang digunakan oleh suatu instruksi sudah termasuk di dalamnya, sedangkan dalam beberapa kasus lain, suatu instruksi langsung menunjukkan alamat dimana data yang akan diproses berada. Lokasi dimana alamat data yang akan diproses berada tersebut dengan address. Jadi dalam perintah penambahan, yaitu “add” bisa langsung berupa nilai dari dua bilangan yang akan ditambahkan atau alamat dimana nilai x dan nilai y berada, yang disebut dengan address x dan address y.
           Sebuah instruksi sebenarnya terdiri dari dua bagian, dimana bagian pertama merupakan aksi yang akan dijalankan yang disebut dengan opcode, dan bagian kedua adalah data yang akan dikerjakan yang disebut dengan operand. Dalam contoh instruksi matematika untuk penambahan bilangan tadi, penambahan sendiri instruksinya adalah add, inilah yang disebut dengan opcode. Sedangkan address yang menunjukkan alamat dari nilai x dan nilai y, yang disebut dengan address x dan address y disebut dengan operand
.
Yang terjadi pada fetch ini adalah peristiwa pengambilan instruksi melalui bus yang ditunjukkan oleh bus address. Ketika bus address menunjukkan alamatnya, maka instruksi diambil berdasarkan alamat tersebut, sedangkan instruksinya dikirimkan melalui bus data.
Jadi kesimpulannya Fetch adalah rangkaian aksi peristiwa pengambilan perintah dan data yang diperlukan dari memori utama ke CPU, yang terjadi pada sebuah CPU dalam menjalankan setiap perintah dalam bahasa mesin pada sebuah program.

Nah itu sedikit materi yang bisa saya sampaikan mohon maaf kalau ada kesalahan informasi dari saya, nantikan juga post-post lainya dari saya.
Wassalamualaikum wr.wb

No comments:

loading...