Blog ini berisi Pelajaran Mengenai Komputer dan Sedikit Hiburan

Breaking

Friday, August 25, 2017

SISTEM OPERASI BERBASIS TEKS

Assalamualaikum wr.wb
  Pada Postinagn pertama ini saya akan membahas tentang sistem operasi berbasis teks, Yuk simak penjelasanya dari saya.
  • pengertian
Adalah sistem yang semata - mata menggunakan teks sebagai alat operasinya. Sistem ini berjalan tanpa menggunakan bingkai jendela sebagaimana yang lazim kita temukan pada sistem operasi komputer dewasa ini yabg berbasi GUI.
Sistem operasi berbasis teks mulai berkembang pada komputer generasi kedua yang menyertakan sistem opeasi dengan menggunakan disk pada personal komputer. Prosedur pengoperasian sistem operasi berbasis teks ini dilakukan dengan cara seperti berikut:

  1. Ketika komputer dinyalakan, komputer mengeluarkan prompt standar untuk memasukkan DOS ke dalam drive ( sebelum tahun 1955 masih menggunakna drive B : dengan disk berukuran 5 ½ inch ).
  2. Setelah DOS dimasukkan, komputer akan melakukan booting.
  3. Setelah booting dilakukan, kita dapat memasukkan salah satu program aplikasi yang kita butuhkan dengan menggatikan DOS dengan disk lain. Misalnya kita akan melakukan pengetikan dan menggunakan aplikasi Wordstar.Pengetikan dilakukan langsung ke dalam disk kosong yang dipersiapkan dan secara bertahap melakukan Sving dengan menekan tombol CTRl+S.
Melihat cara kerja sistem operai berbasis teks diatas, dapat kita lihat bahwa salah satu fungsi sistem operasi yaitu memantau program, mengendalikan fungsi input atau output setiap program, dan mengendalikan program dari satu program lainya.
Ada beberapa sistem operasi yang interface-nya dengan user (pengguna) berbasis TEXT seperti : DOS, POSIX, LINUX

  1. LINUX
Image result for logo linux mint
Linux adalah sistem operasi berbasis UNIX yang dapat berjalan di berbagai macam perangkat keras terutama di PC berbasis Intel x86. Dikatakan berbasis UNIX karena Linux dikembangkan menurut standar yang dimiliki UNIX dan kemampuan yang sama dengan UNIX. Artinya Linux memiliki kemampuan baik sebagai server maupun workstation layaknya UNIX. Pada awalnya Linux hanya berjalan di platform Intel x86 termasuk AMD Cyrix dan lainnya. Perkembangan Linux sangat didukung oleh lisensi yang digunakan oleh Linux yaitu GNU General Public License (GNU GPL). Secara singkat GNU General Public License memungkinkan suatu aplikasi ( termasuk sistem operasi ) untuk secara bebas digunakan dan disebarluaskan dimana pengguna/penerima software berhak menerima kode asal ( source code) dari aplikasi tersebut beserta semua hak yang diijinkan oleh penulis asli.
Aplikasi tersebut dapat dimodifikasi maupun digunakan dalam aplikasi lain dimana lisensi dari aplikasi perubahan/baru tetap pada GNU GPL . Penulis asli hanya bertanggungjawab pada kode asli dan tidak bertanggungjawab terhadap implikasi perubahan yang dilakukan pada aplikasi tersebut. Penyebarluasan aplikasi yang telah dirubah tetap mencantumkan penulis asli , kode asli, kode perubahan yang ditambahkan dan penanggungjawab perubahan tersebut. Dengan GPL bukan berarti tidak memungkinkan adanya komersial, paling tidak biaya dapat ditarik dari biaya kopi media distribusi.

Kelebihan dan kekurangan sistem operasi berbasis Teks

  • Kelebihan  :
1. Merupakan sistem operasi jaringan;
2. Bekerja pada dua mode, yaitu grafis dan teks;
3. Pengoperasian tidak memerlukan lisensi.

  • Kelemahan :
  1. Perintah-perintah pengoperasian relatif panjang

Langkah Langkah Instal linux mint

Persiapan Install Linux Mint 18

Hingga saat artikel ini dibuat, Linux Mint baru merelease versi cinnamon. Dengan cinnamon 3.0 yang membuat dekstop lebih cantik, berikut adalah spesifikasi minimal yang dapat dipasangkan sistem operasi Linux Mint 18 :
  • RAM : 512 MB (1 GB disarankan)
  • Ruang Penyimpanan : 9 GB ( 20 GB disarankan)
  • Resolusi Layar: 1024×768
Sebelum melakukan instalasi, ada baiknya menyiapakan beberapa hal yang dibutuhkan. Yang harus dipersiapkan antara lain :
  • File ISO Linux Mint 18.
  • Media Bootable seperti DVD ataupun USB Flashdrive.
  • Komputer atau Laptop dengan spesifikasi yang telah ditentukan.
  • Melakukan Backup terhadap data yang dianggap penting.
untuk mengunduh file iso Linux Mint 18, kamu dapat mengunduh dihalaman web resmi Linux Mint.

Pra instalasi

Fitur yang bermanfaat pada sistem operasi GNU/Linux adalah fitur live cd, dengan fitur ini kamu dapat melihat-lihat tampilan sistem operasi yang akan diinstall. Pada Linux Mint 18, kamu akan langsung diarahkan ke dekstopnya untuk mencoba fitur live cd terlebih dahulu, Untuk menginstall pilih icon CD pada desktop dengan title “install linux mint“.
install-livecd

Instalasi Linux Mint 18

Tahap pertama, kamu harus mementukan bahasa apa yang akan dipakai pada saat menginstall sistem, pada dasarnya bahasa yang dipakai adalah bahasa inggris.
pemilihan bahasa
Tahap kedua, kamu akan disuguhkan pilihan apakah akan menginstall perangkat lunak tambahan atau tidak, jika memang tidak ada koneksi internet tidak dilakukan juga tidak masalah.
perangkat lunak tambahan
Catatan : Disarankan tidak melakukan instalasi perangkat lunak tambahan, apabila ditengah proses instalasi koneksi internet terputus akan menimbulkan masalah. Install perangkat lunak tambahan sesudah melakukan instalasi sistem saja.
Tahap ketiga adalah memilih tipe instalasi, disarankan dibantu dengan yang sudah berpengalaman. Ada banyak tipe instalasi. biasanya menggunakan pilihan something else untuk melakukan dual booting.
tipe instalasi
Tahap keempat adalah pembuatan partisi, tahap ini adalah tahap yang riskan pada semua jenis instalasi sistem operasi, disarankan didampingi orang yang berpengalaman.
Pada sistem operasi GNU/Linux, disarankan membuat 3 partisi yang berbeda yaitu partisi sistem, partisi data, dan partisi swap. untuk memahami ketiga partisi ini. 
Jika sudah yakin pilih install now.
partisi
Tahap kelima adalah memilih lokasi kamu berada.
pemilihan lokasi
Tahap keenam adalah menentukan jenis keyboard yang dipakai, sebaiknya diabaikan saja dan menggunakan standar jenis keyboard english (US).
pemilihan keyboard
Tahap ketujuh adalah mengisi informasi tentang user, isikan nama pengguna dan juga password. Untuk password sendiri jangan dikosongkan, hal ini nantinya akan diperlukan pada saat penginstalan aplikasi atau update sistem yang membutuhkan hak akses dan dimintai password.
membuat user dan password
Terakhir adalah menunggu proses instalasi berjalan sambil menikmati tampilan splash screeninstalasi. jika sudah restart komputer dan nikmati sistem operasi Linux Mint 18.
splash screen

Tangkapan Layar

13-nemo12-banshee11-gimp10-firefox9-libreoffice8-terminal8-menu27-calender6-background5-theme4-setting3-home2-menu1-desktop0-welcome screen

Pertanyaan :
1. Jelaskan apa yang dimaksud sistem opersai berbasis teks?
2. Sebutkan Prosedur pengoprasian sistem operasi berbasis teks?
3. Sebutkan Contoh sistem operasi berbasis teks?

Nah itu sedikit ilmu dari saya semoga bermanfaat bagi kita semua
Wassalamualaikum wr.wb

No comments:

loading...